Tujuan ;
1. Mahasiswa mampu memahami teori dan menguasai teknik gerakan kayuhan lengan saat renang gaya bebas dengan baik;
2. Memahami perbedaan-perbedaan individu yang dapat mempengaruhi kemampuan melakukan gerakan kayuhan lengan dengan menggunakan suatu metode yang disebut dengan analisa gerakan.
3. Mahasiswa mampu melakukan langkah-langkah/siklus teknik gerakan lengan secara bertahap dengan materi gerakan dari yang mudah sampai ke yang sulit.
4. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya menguasai teknik gerakan lengan saat melakukan renang gaya bebas.
5. Mampu mengetahui kendala-kendala yang sering didapati pada saat belajar teknik gerakan lengan.
6. Pengamatan (kondisi tubuh, posisi naik turun kaki, dan luncuran tubuh kedepan saat melakukan gerakan lengan (hand rotation)
Metode
1. Belajar mandiri dengan membaca setiap materi akan sangat membantu anda lebih mengenali dan memahami materi yang ada. oleh sebab itu metode yang dilakukan pada model ini oleh mahasiswa adalah melakukan pre reading kemudian menganalisis dan membuat suatu kesimpulan “sintesa” tentang apa yang telah di baca.
2. Belajar berkelompok akan membantu anda mengembangkan wawasan tentang materi yang disajikan. Bentuklah kelompok-kelompok diskusi untuk membahas berbagai kegiatan belajar.
3. Presentasi akan melatih anda untuk lebih percaya diri dalam mengkomunikasikan berbagai hasil kerja anda. Selain itu, dengan mempresentasikan hasil kerja akan membantu anda lebih memahami apa yang telah dipelajari.
4. Latihan akan membantu anda menguasai keterampilan gerak renang yang dimaksud dengan baik dan benar.
Uraian Materi
Deskripsi ; Pembelajaran gerakan lengan pada renang gaya bebas, dilakukan mulai dari belajar teori dan praktik (audio visual) melalui modul elektronik secara online berbasis website. Selanjutnya melakukan praktik teknik gerakan lengan secara langsung di dalam kolam renang secara bertahap dan berulang-ulang dengan fase mulai dari menangkap air (catch), menarik (full), mendorong (push), istirahat (recovery) dan masuk (entry) kembali ujung jari-jari tangan kedalam air.
Prosedur ;
1. Mahasiswa berdiri di dalam air kolam dengan lengan lurus keatas menempel telinga, kemudian badan dibungkukkan, kedua lengan menempel telinga lurus kedepan dengan jari-jari tangan rapat, lurus sejajar permukaan air.
2. Dengan aba-aba, memulai gerakan dengan merapatkan jari-jari tangan, pergelangan tangan sedikit ditekuk kedalam (catch) kemudian seperti menarik (pull) benda (air) dengan menekuk siku sampai tangan sejajar dada, dilanjutkan dengan mendorong (push) air kebelakang dengan meluruskan siku sampai tangan menyentuh paha. Lengan kiri tetap pada posisi lurus kedepan.
3. Angkat siku kanan keatas (recovery) kemudian membuang tangan kedepan dan ketika ujung jari tangan kanan masuk ka air (entri) sejajar lengan kiri lagi, maka lengan kiri segera di tarik dan dorong kebelakang, lengan kanan diam lurus kedepan
4. Urutan gerakan lengan kiri tetap sama/berpedoman pada fase kayuhan lengan
5. Pernafasan disesuaikan dengan gerakan lengan.
6. Gerakan ini dilakukan bergantian dan berulang-ulang sambil memperbaiki teknik gerakan pada fase-fase gerakan kayuhan tangan tersebut.
Prosedur ;
1. Mahasiswa berdiri di dalam air kolam dengan lengan lurus keatas menempel telinga, kemudian badan dibungkukkan, kedua lengan menempel telinga lurus kedepan dengan jari-jari tangan rapat, lurus sejajar permukaan air.
2. Masih dalam posisi berdiri, kemudian dengan aba-aba, memulai gerakan kayuhan lengan dengan merapatkan jari-jari tangan, pergelangan tangan sedikit ditekuk kedalam (catch) kemudian seperti menarik (pull) benda (air) dengan menekuk siku sampai tangan sejajar dada, dilanjutkan dengan mendorong (push) air kebelakang dengan meluruskan siku sampai tangan menyentuh paha. Lengan kiri tetap pada posisi lurus kedepan.
3. Dengan gerakan kayuhan lengan yang sama, bergantian (lengan kanan-kiri) akan membawa badan laju ke depan, selanjudnya melangkahkan kaki mengikuti irama kayuhan lengan.
4. Poisi tubuh tetap membungkunk, badan sejajar air, kaki tetap cecah dilantai untuk menjaga tubuh tetap seimbang dan kayuhan lengan tetap di pertahankan dengan ritme yang sama.
5. Pernafasan disesuaikan dengan gerakan lengan.
6. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sambil memperbaiki teknik gerakan pada fase-fase gerakan kayuhan lengan tersebut.
Prosedur ;
1. Diawali dengan gerakan meluncur dari tepi kolam
2. Mahasiswa meluncur mengapung streamline dengan kedua tungkai pada bagian paha menjepit buoy dan kedua kaki saling terkait sehingga tubuh tetap lurus. Pada posisi ini kedua tangan lurus kedepan
3. Selanjudnya, mahasiswa mulai melakukan gerakan kayuhan lengan kanan dengan ritme yang tetap sesuai dengan siklus kayuhan lengan yang telah di pelajari.
4. Saat melakukan gerakan kayuhan lengan, lakukan pengambilan nafas dengan memiringkan badan diikuti kepala ke samping kanan pada ritme tertentu.
5. Setelah terbiasa lakukan dengan cepat gerakan kayuhan lengan tersebut berulang-ulang hingga mahir.
6. Dengan prosedur yang sama lakukan gerakan kayuhan lengan kiri hingga terbiasa dan mahir.
Prosedur ;
1. Diawali dengan gerakan meluncur dari tepi kolam
2. Mahasiswa meluncur mengapung streamline dengan kedua tungkai pada bagian paha menjepit buoy dan kedua kaki saling terkait sehingga tubuh tetap lurus. Pada posisi ini kedua tangan lurus kedepan
3. Selanjudnya, mahasiswa mulai melakukan gerakan kayuhan lengan kanan dan kiri perlahan dengan ritme yang tetap sesuai dengan siklus kayuhan lengan yang telah di pelajari.
4. Saat melakukan gerakan kayuhan lengan, lakukan pengambilan nafas dengan memiringkan badan diikuti kepala ke samping kanan atau ke samping kiri pada ritme tertentu.
5. Setelah terbiasa lakukan dengan cepat gerakan kayuhan lengan tersebut berulang-ulang hingga mahir
Prosedur ;
1. Diawali dengan gerakan meluncur dari tepi kolam
2. Mahasiswa meluncur streamline dengan kedua tungkai bebas dengan tubuh tetap lurus. Pada posisi ini kedua tangan lurus kedepan
3. Selanjudnya, mahasiswa mulai melakukan gerakan kayuhan lengan kanan dan kiri perlahan dengan ritme yang tetap sesuai dengan siklus kayuhan lengan yang telah di pelajari.
4. Pada gerakan kayuhan lengan pada saat recovery siku (elbow) diangkat tinggi dan badan dimiringkan dengan jari tangan seperti menarik resleting mengenai sisi badan dekat dada selanjutnya melemparkan tangan kedepan untuk memulai sikus awal (catch) gerakan kayuhan lengan.
5. Lakukan gerakan kayuhan lengan (zipper swim ) tersebut berulang-ulang hingga mahir.
Penugasan
Tugas:
Membuat Laporan Kegiatan
Tujuan:
Menelaah, menanalisis dan mempraktikkan gerakan kayuhan lengan berdasarkan fase yang berurutan dengan satu suklus atau dua siklus kayuhan lengan dengan mempertahankan posisi badan streamline pada saat meluncur pada renang gaya bebas dengan menggunakan buoy maupun tidak.
Prosedur Tugas:
- Mengamati gambar, video dan petunjuk dalam melakukan tahapan fase gerakan kayuhan lengan dengan tetap mempertahankan badan streamline pada renang gaya bebas.
- Latihlah sendiri atau bersama temanmu dengan teratur dan disiplin sampai bisa dengan baik
- Menyusun berbagai informasi teknik gerakankayuhan lengan dengan badan streamline pada renang gaya bebas dalam sebuah tulisan.
- Diskusikan hasil temuan kalian bersama dengan mahasiswa lainnya dan tuliskan hasil diskusinya.
- Kumpulkan tugas ke dosen.
Evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar ;
1. Jelaskan tahapan/fase gerakan kayuhan lengan dengan berbagai posisi badan dengan tetap mempertahankan badan tetap streamline dengan benar pada renang gaya bebas (crawl)
2. Jelaskan yang dimaksud dengan satu siklus gerakan kayuhan lengan dalam renang gaya bebas
3. Jelaskan tujuan gerakan kayuhan lengan dengan posisi badan streamline pada renang gaya bebas
4. Analisislah penyebab hambatan pada gerakan kayuhan lengan di air ketika renang gaya bebas